Beranda | Artikel
Pakaian Apakah yang Boleh Dipakai Saat Berihram?
Kamis, 21 Oktober 2010

Pertanyaan:

Pakaian apakah yang boleh dipakai saat berihram?

Jawaban:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanya tentang pakaian apa yang boleh dipakai oleh seorang muhrim (orang yang berihram -ed.) ketika sedang ihram.

فَقَالَ: لاَ يَلْبَسُ الْقَمِيْصَ، وَلاَ الْعِمَامَةَ، وَلاَ الْبَرْنَسَ، وَلاَ السَّرَاوِيْلَ، وَلاَ ثَوْبًا مَسَّهُ وَرَسٌ وَلاَ زَعْفَرَانُ، وَلاَ الْخُفَّيْنِ إِلاَّ أَنْ لاَ يَجِدَ نَعْلَيْنِ، فَلْيَقْطَعْهُمَا حَتَّى يَكُوْنَا أَسْفَلَ مِنَ الْكَعْبَيْنِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dia tidak boleh memakai kemeja, serban, kopiah, dan celana, serta pakaian yang dicelup dengan wars dan za’faran. Juga tidak boleh memakai khuf, kecuali bila tidak mendapati sendal, maka hendaklah ia memotong keduanya hingga tingginya di bawah mata kaki.” (HR. Muttafaq ‘alaihi).

Sumber: Fatawa Rasulullah: Anda Bertanya Rasulullah Menjawab, tahqiq dan ta’liq oleh Syaikh Qasim ar-Rifa’i, Ibnu Qoyyim al-Jauziyah, Pustaka As-Sunnah, Cetakan Ke-1, 2008.
(Dengan penataan bahasa oleh www.konsultasisyariah.com)

🔍 Penulisan Yang Benar Insya Allah, Sohibul Qurban, Sering Mimpi Buruk, Tentang Jin Dalam Islam, Puasa Yang Diharamkan, Ucapan Walimatul Khitan

 

Flashdisk Video Cara Shalat dan Bacaan Shalat

KLIK GAMBAR UNTUK MEMBELI FLASHDISK VIDEO CARA SHOLAT, ATAU HUBUNGI: +62813 26 3333 28


Artikel asli: https://konsultasisyariah.com/2932-pakaian-ihram.html